Loading...

Teori Akuntansi - Biaya


Beban kadang-kadang disebut dengan biaya, yaitu penurunan dalam modal pemilik, biasanya melalui pengeluaran atau uang atau penggunaan aktiva, yang terjadi sehubungan dengan usaha untuk memperoleh pendapatan.
Pengertian biaya tidak dapat dipisahkan dengan pengertian kos dan aset dan juga rugi. Biaya mempunyai dua karakteristik utama yaitu aliran atau penurunan aset atau kenaikan kewajiban dan berkaitan dengan operasi utama yang menerus. Kos adalah pengukur biaya atau biaya direpresentasi dengan kos sehingga secara teknis dan praktis biaya sering disebut kos.
Biaya diukur dengan kos yang sebelumnya melekat pada aset. Biaya dapat dipandang sebagai bagian kos yang telah terhabiskan dalam rangka menciptakan pendapatan. Pengakuan biaya tidak dibedakan dengan pengakuan rugi. Biaya atau rugi pada umumnya diakui bilamana salah satu dari dua kriteria berikut dipenuhi : (1) konsumsi manfaat, dan (2) lenyapnya atau berkurangnya manfaat masa datang.
Dalam hal fasilitas fisik, kos yang terjadi pada saat pemerolehan pada umumnya diakui sebagai aset dan baru kemudian kos tersebut diakui sebagai biaya sesuai dengan pola penerapan manfaat yang direpresentasi dengan kos. Untuk penentuan kos produk yang tepat, alokasi internal merupakan kebutuhan. Makna alokasi antar perioda sebenarnya adalah penundaan pembebanan kos yang merepresentasi manfaat ekonomik aset. Bila dipandang dalam arti luas, penandingan pendapatan dan biaya dapat didasarkan atas penandingan produk, perioda, da arbitrer.
Depresiasi merupakan biaya yang nyata bukan biaya hipotesis. Akuntansi depresiasi adalah proses alokasi sistematis dalam rangka penandingan biaya dan pendapatan. Kos organisasi harus segera mulai diamortisasi manakala ada tanda-tanda penurunan atau penciutan yang berlanjut baik dalam laba, lingkup kegiatan, ataupun modal perusahaan.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 My Notes and Blogger Themes.