Auditing II - Jasa Dan Pelaporan Lain

Selama bertahun-tahun akuntan publik telah mendapat reputasi baik dari segi integritas dan obyektivitas. Jasa inti yang dibahas dalam buku ini, yaitu audit atas laporan keuangan menurut GAAP. Secara umum akuntan publik dapat memberikan empat tingkatan keyakinan yang berbeda berkaitan dengan penugasan, yaitu : (1) tingkat keyakinan audit, (2) tingkat keyakinan review, (3) prosedur yang disepakati bersama, dan (4) tidak ada keyakinan.
Standar profesional dasar yang diterbitkan oleh Accounting Standars Board yang berkaitan dengan jasa ini adalah sebagai berikut : a. Statements on Auditing Standards (SAS), b.  Statements on Standards for Attestations Engangements (SSAE), dan c. Statements on Standards for Accounting and Review Services (SSARS).
Laporan khusus adalah laporan yang dihasilkan dari audit atas, atau penerapan prosedur yang disepakati bersama atas, data keuangan historis selain dari laporan keuangan yang disiapkan sesuai dengan GAAP. Laporan khusus auditor mengenai laporan keuangan yang disiapkan atas dasar OCBOA harus berisi empat paragraf, yaitu paragraf pendahulu, paragraf ruang lingkup, paragraf penjelasan, dan paragraf pendapat. Jika akuntan bersangkutan dengan laporan keuangan yang belum diaudit dari entitas publik, maka dia diwajibkan untuk menyatakan dalam laporannya bahwa suatu audit belum dilakukan dan menyertakan penolakan pemberian pendapat.
Penugasan atestasi adalah satu penugasan dimana seorang praktisi (akuntan publik) bertugas untuk menerbitkan komunikasi tertulis yang menyatakan suatu kesimpulan mengenai reliabilitas asersi tertulis yang merupakan tanggung jawab pihak lain. Dalam suatu penugasan atestasi, akuntan publik harus memenuhi sebelas standar atestasi umum yang disajikan dalam SSAE 1. Dtandar ini diklasifikasikan menjadi tiga kategori : umum, pekerjaan lapangan, dan pelaporan.
Manajemen telah memutuskan untuk tidak memasukkan hampir semua pengungkapan yang diisyaratkan oleh prisip akuntansi yang berlaku umum. Jika pengungkapan yang tidak dimasukkan itu disertakan dalam laporan keuangan, maka hal itu dapat memengaruhi kesimpulan pemakai tentang posisi keuangan, hasil operasi, dan arus kas perusahaan.
Suatu perubahan merupakan langkah naik bila hal itu mengklasifikasikan tingkat keyakinan yang lebih tinggi daripada yang semula disepakati (misalnya, perubahan dari komplikasi menjadi review atau dari review menjadi audit). Sebaliknya, perubahan penugasan merupakan langkah turun bila tingkat keyakinan yang lebih rendah diminta oleh klien.

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar:

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 My Notes and Blogger Themes.